(Matrikulasi) Belajar Menjadi Manager Keluarga Handal ~ NHW#6


Assalamu'allaikum,

Alhamdulillah tanpa disadari di kelas matrikulasi IIP ini aku sudah masuk pada NHW#6 yang artinya 2/3 perjalanan tugas akan aku lampaui....Btw, sudah dapat ilmu apa saja? dan sudah belajar ilmu apa saja?....wow, pastinya sudah banyak banget ilmu yang aku peroleh dari kelas ini untuk bekal pembelajaran di Universitas Kehidupan ku yang insyaAllah akan selalu indah...aamiin 😊

Nah...di NHW#6 ini, kita para siswa kelas matrikulasi IIP akan belajar dan memaknai tentang menjadi MANAGER KELUARGA HANDAL. Yup..ketika kita mendengar kata "MANAGER" kira-kira apa niy yang ada di kepala kita?. Kalo di kepala aku yang muncul adalah kata PEMIMPIN, PENGATUR, PENGARAH. Okeh..mari kita tengok di mbah google pada halaman tante Wikipedia. Apa siy arti dari kata MANAGER itu? MANAGER adalah orang yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Lalu organisasinya siapa? ya ketika kita bicara tentang Rumah Tangga..Keluarga, yang dimaksud organisasi disini adalah Keluarga Kita. Nah..jadi kita niy ya, sebagai seorang Ibu mendapatkan amanah menjadi manager di keluarga kita, itu artinya kita harus mempunyai bekal ilmu manajemen keluarga. Coba gimana jadinya apabila kita sebagai manager tidak pernah tahu apa itu ilmu manajemen, ilmu mengatur, ilmu mengelola?...ya bisa tak terarah konsep dan arah tujuan dari bahtera keluarga kita yang sedang dikendalikan oleh pak nahkoda.

Gak panjang maupun lebar...mari kita coba susun...apa siy yang harus kita atur dalam kehidupan diri kita dan keluarga kita ini. Ilmu manajemen ini menurut aku berkaitan erat dengan waktu dan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) yang artinya kita sebagai istri dan ibu tahu dengan banget apa tupoksi kita, suami pun begitu, dan anak-anak pun harus diajarkan seperti itu. Ketika masing-masing anggota keluarga paham itu, maka mulai sang manager dapat mengatur waktu dan penugasannya kemudian dia awasi dan kontrol dan di akhir hari atau di akhir minggu dapat dia lakukan evaluasi untuk dilaporkan ke pimpinan sebagai masukan bagi perubahan dan perbaikan.

Kegiatan menjadi manager ini juga harus diperhatikan dengan baik coz bukan pekerjaan mudah. Kalo salah ilmu, bisa jadi kita akan terjebak dengan apa yang dinamakan "RUTINITAS". Kita berpikir bahwa kita ini sibuk banget seharian padahal setelah ditelaah ternyata gak ada hasilnya alias gak produktif. Pernah mengalami?...Aku mah sering banget. Beruntung di NHW#6 ini aku dapat ilmu untuk mencari dan menelaah apakah aku bisa terbebas dari yang namanya RUTINITAS ini.

3 aktivitas yang paling penting dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

Okeh..kita mulai mengelompokan aktivitas kita. Kata "paling" aku coba beri garis bawah, karena ini penekanannya. 

3 aktivitas yang paling penting:
  1. Sholat 5 Waktu dan Tilawah Al Qur'an
  2. Berkomunikasi dengan suami
  3. Membersamai anak-anak
3 aktivitas yang paling tidak penting:
  1. Kepo status sosmed orang lain
  2. Berkutat dengan IG
  3. Ngegosip
Hmmm....dari list ini, aku tersadar ternyata ada 1 aktivitas paling penting yang belum aku lakukan maksimal yaitu MEMBERSAMAI ANAK-ANAK. Aku bersama mereka sangat-sangat sedikit. 
  • Untuk hari kerja dari Senin - Jumat (PAGI: pukul 05.00 - 06.00 wib, SORE/MALAM: pukul 18.00 - 20.00 wib) namun ini pun seringnya teracuni oleh HP 😢
  • Untuk hari libur Sabtu-Minggu/Nasional (Bisa full dengan mereka tapi belum memaknai sebagai "MEMBERSAMAI" karena hanya sebatas "MENEMANI" yaitu berada di ruangan yang sama namun melakukan aktivitas masing-masing 😢)
Trus aktivitas apa yang paling banyak meracuni kehidupan aku? ....yaaaaa...pastinya berhubungan dengan HP (ntah browsing, ntah Kepo, ntah otak-atik IG, ntah WAG)...very bad habit

Kesalahan sudah aku sadari, saatnya aku menyembuhkan dan memperbaiki diri. Okeh...kita coba susun jadwal sehari kemudian seminggu untuk proses penyembuhan ini.


Hmmm...ngerasa masih kurang berwarna  niy dengan jadwal yang disusun..krn hampir sebagian besarnya waktu ku ternyata untuk aktivitas kantor (hiks). Tapi..kita coba dulu untuk dilakukan dalam 1 minggu ini, sambil mencari ide untuk mewarnai dengan ilmu-ilmu yang harus dipelajari di Universitas Kehidupanku dalam mengejar 10.000 jam kerja pertamaku. Masih ada aktivitas bulanan yang belum muncul disini dan antisipasi beberapa kegiatan yang diluar schedule harian.

Fine...final for this NHW, need improvement for it...but just do it and always control and monitoring this schedule for new idea.

~34-Novya Ekawati~

Komentar